Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Daftar Isi:

Jerawat Batu

Jerawat Batu (Cystic acne) adalah salah satu jenis jerawat yang besar-besar dengan peradangan hebat dan berkumpul di seluruh muka.

Wajah dapat rusak secara psikis dan tentunya fisik bagi yang memiliki jerawat batu, penampilan jadi kurang menarik dan kepercayaan diri yang menurun.

Adapun penyebab dari pada adanya jerawat batu adalah karena faktor keturunan atau genetik. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat batu yang dimiliki oleh penderita secara genetik, yaitu :
  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak.
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
Faktor lain yang bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat batu adalah wajah sering terkena sinar matahari secara langsung dan pemakaian alat kosmetik.

Cara menghilangkan Jerawat Batu

Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat batu dengan teh celup
Seduh teh dengan air panas, kemudian letakkan teh celup hangat pada jerawat batu anda. Lakukan selama beberapa hari hingga jerawat batu anda kempes.

Secara Medis

  1. Jerawat batu yang tidak terlalu parah kita bisa menadapatkan obat dari dokter kulit dengan menyuntikan cortisone, dalam waktu 2 hari jerawat batu akan sembuh.
  2. Jerawat batu yang sudah parah atau kronis biasanya dokter kulit akan memberikan pil acutance, tetapi obat ini mempunyai efek samping seperti kulit menjadi kering dan bibir akan pecah-pecah sangat parah. Keadaan ini bisa diatasi dengan obat lain yaitu accolade, lip balm anti peradangan.

Artikel Jerawat Lainnya