Mitos Sesat Tentang Jerawat

mitos jerawatPada artikel kali ini ,saya akan memberikan mitos sesat tentang jerawat yang telah beredar luas di masyarakat.Masyarakat mungkin percaya akan mitos umum yang telah berkembang pesat.Walaupun ada juga masyarakat yang tidak percaya akan hal tersebut.Mitos mitos yang berkembang ini ,sudah dibuktikan kebenarannya.

Trus apakah mitos tersebut memang benar atau betul-betul mitos sesat ?

Owke ,di bawah ini ada sekian mitos jerawat yang disertai dengan faktanya. :



Jerawat disebabkan oleh debu
 
Fakta : Salah satu penyebab munculnya Jerawat  adalah akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit  mati

Makan coklat dan gorengan dapat menimbulkan jerawat
 
Fakta : Sebenarnya tidak ada zat di dalam cokelat atau makanan berlemak lain  yang secara langsung menyebabkan jerawat. Tapi makanan ini terlanjur dicap trouble maker ketika dikaitkan dengan  jerawat. Pada prinsipnya, sama seperti makanan lain yang kita konsumsi dalam  jumlah yang aman akan menjadi makanan yang aman bagi tubuh.

Jerawat itu menular 

Fakta :Diantara sekian banyak gangguan kulit yang menular, jerawat tidak masuk daftar  itu. Tapi jika jerawat kita biarkan begitu saja dan berubah menjadi infeksi  kulit yang lebih parah, bisa menjadi berbahaya bagi orang lain yang memiliki  infeksi kulit yang terbuka.

Alkohol akan mengeringkan  jerawat. 

Fakta : Ini ada benarnya, sejauh digunakan sebagai penutup luka dari infeksi kulit. Tapi  jika kita memakainya untuk menghilangkan jerawat yang terjadi justru sebaliknya.  Sebab alkohol mengeringkan kulit kita yang kemudian membuat jumlah sel-sel kulit  mati menjadi bersahabat dengan minyak wajah dan menutupi pori-pori. Dari sinilah  muncul jerawat-jerawat baru.

Sinar matahari membuat jerawat menghilang?
 
Fakta : Matahari justru membuat kulit lebih tebal dan hitam, sehingga jerawat  akan kering dan membuat jerawat menjadi tak terlihat. Ketika warna kecoklatan  pada kulit menghilang, jerawat akan kembali lagi. Kulit juga akan mengalami  kerusakan.

Mengambil pil-pil untuk kulit boleh membantu kulit saya menjadi lebih sehat.
 
Fakta :Tiada penyelidikan saintifik yang  membuktikan bahawa pil atau vitamin untuk kulit boleh secara ajaib memberi anda  kulit yang sihat atau mengubati masalah kulit anda. Anda hanya perlu makan  makanan yang berkhasiat dan makan pada masa yang tetap untuk mendapat semua  nutrien yang diperlukan oleh badan anda.

Jerawat akan hilang jika kita sering mencuci muka
 
Fakta : Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Bertentangan dengan apa yang  mungkin telah Anda lihat dalam iklan, pori-pori tidak disumbat dari atas ke  bawah oleh �kotoran�.Sebaliknya, dinding pori-pori yang saling menempel jauh di  dalam kulitlah yang menyebabkan pembentukan jerawat.Bukannya mencegah jerawat,  sering mencuci wajah justru akan membuat pori-pori teriritasi dan menyebabkan
pori-pori menjadi tersumbat. Kain untuk lap wajah bisa menambah parah  iritasi.Langkah terbaik ketika mencuci wajah adalah cucilah dengan lembut  dan cukup dua kali dalam sehari.Jika sering mencuci wajah ,maka minyak dalam  wajah kita akan keluar lebih banyak,kerena pada saat mencuci wajah minyak pada  wajah yang digunakan untuk melembabkan kulit hilang,sehingga hormon penghasil  minyak di wajah akan memproduksi lebih banyak minyak.

Stres bisa menyebabkan jerawat.
Fakta : Stres mungkin berefek pada hormon dan secara teori bisa menimbulkan jerawat. Namun, penyebab jerawat bisa lebih kuat daripada kondisi stres setiap hari. Beberapa obat psikiatris mungkin bisa menyebabkan jerawat sebagai efek samping, tetapi stres itu sendiri bukanlah masalah besar. Lebih baik gunakan waktu untuk menentukan program yang tepat untuk mengobati jerawat daripada merasa bersalah karena stres.

Masturbasi atau seks bisa menyebabkan  jerawat.
Ini merupakan gagasan kuno yang berasal pada awal abad ke-17 untuk mencegah anak-anak muda melakukan hubungan seks pranikah dan tentu saja ini tidak berdasarkan pada bukti ilmiah.

Memencet jerawat adalah cara tercepat menghilangkan  jerawat

Fakta : Untuk mitos yang satu ini juga sangatlah tidak benar. Dengan dipencet dan dipaksa pecah, bakteri penyebab jerawat justru akan mudah tersebar ke bagian lain. Apalagi jika tangan yang digunakan untuk
memencet jerawat
tidak steril. Akibatnya, bukan hanya jerawat bertambah parah, tapi juga akan meninggalkan bekas luka di kulit wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat
Pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat .
Fakta : Mitos ini tidaklah benar, karena didalam pasta gigi tak mengandung zat apa pun yang dapat mengobati jerawat.  Untuk mengobati jerawat, carilah obat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Jerawat hanya muncul pada kulit remaja saja.
Pada usia remaja,  hormon dalam tubuh banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu jerawat lebih sering muncul pada remaja. Namun timbulnya jerawat bukan hanya dipengaruhi oleh hormon, tapi juga oleh kebersihan diri, pola makan, polusi, stres, dan faktor genetik, sehingga anak-anak maupun orang tua pun masih bisa  berjerawat.




Itu dia mitos jerawat yang sudah terbukti faktanya.Mitos jerawat di atas saya ambil dari berbagai sumber.Selain mengambil dari berbagai sumber ,saya juga sudah membuktikan sendiri kebenaran dari pada mitos jerawat di atas.

Dengan mengetahui mitos jerawat yang sesat,diharapkan kita bisa lebih paham  bagaimana jerawat itu dan cara menghilangkan jerawat dengan benar tanpa efek samping.Sehingga apa yang menjadi kendala dalam menghilangkan jerawat dapat diatasi.

Semoga artikel di atas bermanfaat.
Owkee !!!semoga berhasil !!!

Artikel Jerawat Lainnya