Menghilangkan Jerawat tanpa dipencet

Bagaimanakah menghilangkan jerawat tanpa dipencet? Jerawat merupakan masalah yang muncul di wajah seseorang ketika memasuki usia remaja. Sayangnya banyak anak remaja tidak tahu cara mengatasi jerawat secara tepat.
Menghilangkan Jerawat tanpa dipencet

Banyak pengobatan instan menggiurkan bagi para remaja. Dan tidak jarang mereka menghilangkan jerawat dengan memencetnya.

Jerawat bisa hilang sekitar satu minggu tanpa bekas. Isi jerawat berwana putih - pada beberapa jenis jerawat - bisa keluar sendiri tanpa perlu dipencet.


Dokter kulit St Vincent Hospital, Melbourne, Australia, Michelle Rodrigues mengatakan, "memencet sendiri jerawat di wajah justru memperparah kondisi jerawat dan kulit wajah." (Dailynews.co.uk)

"Memencet sendiri jerawat dengan tangan Anda yang belum tentu higienis merupakan kejahatan terhadap kulit. Aktifitas memencet jerawat dapat menimbulkan peradangan lebih buruk dan pada akhirnya bisa terbentuk jaringan parut pada kulit bekas jerawat", kata Michelle.

Michelle melanjutkan, "di bawah kulit berjerawat terkandung minyak dan kuman penyebab radang kulit. Padahal memencet jerawat bisa mendorong isi jerawat mengalir ke kulit sekitarnya. Kulit akan mengalami infeksi dan menimbulkan bekas warna kehitaman.

Bila telah terbentuk jaringan parut, sifatnya akan permanen sehingga kulit wajah tidak mulus lagi. Sudah masyhur tentang memencet jerawat dengan tangan sendiri merupakan tindakan yang tidak tepat untuk menghilangkan jerawat.

Padahal bila bisa menahan rasa untuk memencet atau sekedar menyentuh, jerawat bisa hilang sekitar satu minggu tanpa bekas. Isi jerawat berwana putih - pada beberapa jenis jerawat - bisa keluar sendiri tanpa perlu dipencet, lanjut Michelle.

Jika selama berbulan-bulan jerawat tidak menghilang, datangilah dokter kulit untuk mengetahui penyebabnya. Michelle mengatakan, kadang menanggulangi jerawat tak hanya dari luar, tetapi perlu juga diatasi dari dalam. Makanlah makanan yang
  1. sehat, 
  2. rendah gula, 
  3. seperti sayur mayur, 
  4. kacang-kacangan, 
  5. buah-buahan dan 
  6. ikan.

Hindari meminum susu sapi secara berlebihan karena menurut beberapa penelitian bisa merangsang peningkatan risiko kulit berjerawat. Akan tetapi, dokter akan memperhatikan dampak makanan harian pasien terhadap munculnya jerawat sebelum merekomendasikan asupaan makanan. Susu boleh saja di minum jika tidak memperburuk jerawat.

Artikel Jerawat Lainnya